Asal Usul Nama Sungkai Bunga Mayang

Tulisan ini saya mulai dengan menjelaskan asal usul sebuah nama yaitu Sungkai Bunga Mayang, sebuah nama Marga yang berada di dalam Suku Lampung Pepadun, Provinsi Lampung.  Sungkai mulanya adalah sebuah nama tempat. Tempat ditepian sungai yang banyak ditanami oleh pepohonan sungkai, sehingga sungai tersebut oleh masyarakat setempat dinamai sebagai Way Sungkai. Seperti kita ketahui bahwa pemukiman orang pada zaman dahulu banyak berada ditepian sungai, karena alat transportasi yang mereka gunakan adalah perahu dan lalu lintas pergerakan dan perpindahan menggunakan jalan sungai.
Oleh karena itu para pendatang banyak menyebut masyarakat yang berada ditepian sungai Way Sungkai sebagai orang sungkai atau jelema sungkai. Walaupun ada sebagian orang sungkai menyebut bahwa mereka adalah Marga Bunga Mayang karena orang-orang yang tinggal di sungkai merupakan anak keturunan dari Putri Silamayang.
Maka sampai saat ini, sebutan untuk masyarakat sungkai adalah Marga Sungkai Bunga Mayang atau Marga Bunga Mayang Sungkai, sebagai sebuah nama yang lazim untuk penyebutan nama sebuah tempat asal keturunan dan kedudukan tinggal sebuah masyarakat. Selain itu, Marga Sungkai Bunga Mayang juga untuk membedakan dengan Marga Bunga Mayang yang berada di Kayu Agung, Komering Sumatera Selatan, yang konon merupakan nenek moyang orang sungkai berasal. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan samanya nama-nama desa yang berada di Kayu Agung, Komering  Sumatera Selatan dengan nama-nama desa di Lampung seperti Tulang Bawang, Negeri Ratu, Sukadana dan Kedaton.
Penyebutan asal usul nama Sungkai Bunga Mayang tersebut menggunakan dua buah teori, yaitu teori tempat (Locus) dan teori keturunan asal usul (Zuriah). Jadi nama Sungkai Bunga Mayang berasal dari nama tempat dan nama nenek moyang.

Leave a Reply