Belajar dari kekurangan

Aku orang yang pelupa,
Agar aku tidak lupa maka aku selalu tuliskan dikertas kecil apa yang akan aku sampaikan, apa yang akan aku bawa, apa yang akan aku beli, apa yang akan aku lakukan, dan apa yang aku rencanakan. Aku sadar bahwa semuanya akan indah apabila dikonsep dan direncanakan dengan baik.

Aku orang yang cuek,
Agar aku tidak cuek maka aku selalu belajar memulai, belajar untuk bertegur sapa, belajar psikologi, aku belajar bersosialisasi dan belajar memahami. Aku pun sadar bahwa rezeki dan pengetahuan itu datang dari persaudaraan, senyum sapa salam dan sopan santun.

Aku bukan orang yang rapi,
Tapi aku belajar bahwa berantakan itu tidak baik, kotor itu jorok, kumuh itu sarang penyakit
dan aku belajar bahwa rapi itu indah, tertib dan menyenangkan.

Aku orang yang tidak teliti,
Agar aku lebih teliti maka aku belajar detail, belajar dari melihat yang kecil, belajar mengkaji, belajar menelaah dan belajar meneliti.

Aku gampang bosan,
Agar aku tidak jenuh dan bosan aku selalu variasikan kerjaku, aku variasikan apa yang aku makan dan aku variasikan perjalanan hidupku.

Aku orang yang tidak percaya diri,
Maka aku belajar dari orang buta yang bisa main piano, orang lumpuh yang bisa menghasilkan teknologi, orang miskin yang bisa keliling dunia, orang cacat yang bisa menjadi motivator dan orang bisu yang bisa berkarya melebihi orang yang bisa bicara.

“Aku sadar aku bukan orang sempurna maka aku belajar,
aku belajar dari kekuranganku”.

Waallahu’alam bisshawab.

2 Comments

  1. rima ulfayanti hasan August 12, 2010
  2. Zainudin Hasan,SH,MH August 12, 2010

Leave a Reply