Diam

Rasulullah pernah bersabda “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berkata baik atau diam” (HR. Bukhari).
Ada pepatah yang mengatakan bahwa diam itu emas (silent is gold), namun tentu saja diam yang ada pada tempatnya karena terkadang diam tidak bisa menyelesaikan masalah dan bahkan justru menimbulkan masalah baru.
Mungkin ada saatnya bahwa diam lebih baik karena terkadang kata-kata memiliki tafsir dan pemahaman yang berbeda dari setiap arah dan sudut pandang dalam menangkap dan mencernanya, banyak pepatah yang mengungkapkan tentang pentingnya menjaga kata-kata seperti mulutmu harimaumu, lidah lebih tajam daripada pedang, bicara pelihara mulut berjalan pelihara kaki, banyaknya pepatah tersebut mengajarkan kepada kita akan kehati-hatian dalam berkata-kata dan disinilah peran penting bahwa diam adalah emas. Karena kata orang bijak pula “lebih baik kita menyesal karena tidak berbicara daripada kita menyesal karena berbicara”.
Ada banyak penafsiran dalam hal diam, ada orang yang melakukan protes dan unjuk rasa dengan diam, tapi pesan protes yang disampaikannya melalui diam itu justru sampai hanya karena ia diam tanpa kata, tanpa orasi, apalagi berteriak menghabiskan suara.
Ada orang yang melampiaskan kemarahannya dengan diam, entah karena sudah kehabisan kata-kata tidak mampu berkata-kata lagi atau merupakan karakternya ketika marah.
Ada orang yang mengungkapkan persetujuannya hanya dengan diam karena tak perlu banyak retorik kata untuk mengatakan iya, tetapi ada juga orang mengungkapkan ketidak setujuannya dengan diam karena terkadang itu justru lebih efektif dibandingkan dengan ribuan kata dan retorika. Diam terhadap permasalahan dengan bersikap pasif atas segala permasalahan yang ada bersikap bertahan dan hanya berharap ada perubahan kearah perbaikan, entah sampai kapan.
“Akhirnya….., let’s gone by gone (yang lalu biarlah berlalu), biarkan setiap kata dan diam kita menjadi pelajaran, yang jelas… esok kita harus lebih baik”.

6 Comments

  1. Rima Ulfayanti Hasan November 24, 2010
  2. Zainudin Hasan,SH,MH November 24, 2010
  3. rima ulfayanti hasan November 25, 2010
  4. Zainudin Hasan,SH,MH November 25, 2010
  5. rima ulfayanti hasan November 26, 2010
  6. Zainudin Hasan,SH,MH November 26, 2010

Leave a Reply