Klenteng Sam Poo Kong di Semarang

Setelah dua hari keliling-keliling kota Semarang, Batang dan Kendal pada hari selasa, tanggal 30 November kemarin aku menyempatkan untuk mampir di Klenteng Sam Poo Kong di Kota Semarang.
Kuil atau kelenteng Sam Poo Kong terletak di daerah Simongan, Semarang. Cukup mudah dicapai dari tengah kota Semarang, ada papan petunjuk jalan yang jelas. Sering disebut Gedung Batu karena di dalamnya terdapat gua batu besar yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho (dikenal juga dengan nama Sam Poo Tay Djien) beserta anak buahnya saat berkunjung ke Pulau Jawa.

Kuil ini sangat luas dan memiliki beberapa bangunan. Bangunan pertama adalah semacam pendopo yang menjual hio untuk kepentingan orang sembayang, lalu ada lagi pendopo yang menyediakan jasa pemotretan dengan menggunakan baju tradisional China, lalu bangunan utama nya yaitu kuil atau kelenteng itu sendiri yang terdiri dari beberapa bangunan. Perlu diperhatikan jam untuk berwisata ke dalam bangunan kelenteng, yaitu jam 8.00 – 8.15 dan jam 11.00 – 11.15.

Di tengah kuil ini terdapat halaman yang luas, dengan beberapa patung yang berdiri tegar. Dan di bagian belakang terdapat pintu gerbang yang sangat besar. Dan terlihat beberapa buah lilin raksasa dengan nama penyumbangnya, sebagian besar atas nama perusahaan. Lilin ini dibiarkan terus menyala sampai habis. Untuk masuk ke kuil ini tidak dikenakan biaya sama sekali, untuk parkir dikenakan Rp 3.000 di areal parkir kuil dan Rp 2.000 di luar kuil.
Tertarik ke Sam Poo Kong ? Memang rasanya kurang lengkap kalau ke Semarang, tanpa mampir ke kuil ini.

4 Comments

  1. rima ulfayanti hasan December 3, 2010
  2. Zainudin Hasan,SH,MH December 3, 2010
  3. rima ulfayanti hasan December 8, 2010
  4. Zainudin Hasan,SH,MH December 8, 2010

Leave a Reply