Menikmati Proses

Saat kita kecil, ingin rasanya cepat menjadi orang dewasa yang bisa mencari uang, bisa pulang larut malam, bisa bawa kendaraan dan bisa pergi kemana saja ketempat yang kita suka. Semuanya itu merupakan ranah monopoli orang dewasa yang anak kecil tidak boleh mempunyai kewenangan untuk melakukannya.

Saat kita sekolah, kita berkeingan untuk cepat bisa melepas seragam yang kita kenakan, kuliah dikampus Favorit dan ternama, berpakaian yang bebas sesuai stile dan selera kita, berpikir bebas dan jauh lebih berprilaku merdeka dibandingkan dengan anak sekolah dengan pakaian dan prilaku seragam.

Saat kita kuliah, ingin rasanya lekas untuk cepat bekerja ditempat yang kita inginkan, tidak pusing menganggur, pekerjaan tetap, penghasilan tetap dan lebih merasa dihargai ditengah masyarakat.

Saat kita sepi, ingin rasanya kita segera mendapatkan pasangan hidup agar bisa menemani hidup kita, berteman dengan pasangan yang bisa mengingatkan kita saat alpa dan lalai, tempat untuk berbagi dan bersandar, tujuan hidup terasa lebih terarah, pengeluaran lebih terukur dan makan relatif lebih teratur.

Saat-saat ketika ingin segera mendapat keturunan… membesarkannya…. menyekolahkannya.. mendidiknya hingga besar.. ingin cepat melihatnya bekerja dan menikah.. hingga kita memiliki cucu yang lucu-lucu…

Saat tertentu…
kita terkadang ingin mengulang masa lalu kita.. masa-masa kecil kita yang nyaris tanpa beban… mimpi-mimpi yang indah tentang masa lalu… masa sekolah yang penuh kecerian dan cinta.. masa-masa kuliah yang penuh perjuangan dan kebahagian.. masa-masa sendiri kita dengan waktu yang lebih panjang.

Ada saatnya kita ingin memburu waktu agar kita lekas sampai disatu titik padahal pada titik tersebut kita sesungguhnya diuji untuk mengelola waktu dan menikmati disetiap prosesnya.

Sahabat,
kata kunci.. “nikmatilah proses”.., dititik manapun saat ini kita berada, karena kita akan melewati proses itu. Ada saat-saat ketika harus dipergilirkan oleh keadaan, suka duka, susah senang dan sedih bahagia adalah kemungkinan dan realita yang selalu harus kita jalani dan nikmati, karena titik yang saat ini kita lewati sesungguhnya dipenuhi oleh waktu-waktu yang harus selalu kita isi dengan cinta.. kita isi dengan kecerian dan kebahagiaan, kita isi dengan prestasi, hingga pada gilirannya suatu saat nanti merupakan sebuah moment yang sulit untuk dilupakan dan sangat begitu indah untuk dikenang.
Teringat motto salah seorang kawan,
Hidup itu indah, Maka Nikmatilah!”.

Leave a Reply