Tempat Wisata di Lampung

Sebenarnya ada cukup banyak objek Wisata di Provinsi Lampung, dan dari berbagai tempat wisata itu ada banyak pilihan tempat wisata mulai dari wisata pantai, bukit, pulau, air terjun, pegunungan, sungai, wisata konservasi maupun wisata sejarah dan budaya semua ada dan bisa dinikmati diprovinsi Lampung. Berikut ini kucoba mengetengahkan 10 tempat pariwisata yang cukup dikenal di Lampung, beberapa tempat wisata ini menjadi alternatif berlibur bagi keluarga selain tempat untuk nongkrong bersama teman-teman tapi juga bila ingin secara pribadi bisa menjadi tempat untuk melepas lelah dan kepenatan serta tempat untuk menyalurkan hobby. Dibawah ini adalah 10 (sepuluh) objek wisata yang menjadi kebanggaan Provinsi Lampung, mari kita lihat kira-kira dimana saja,

Menara Siger,

Menara Siger adalah tempat wisata yang menjadi titik nol kilometer karena posisi Provinsi Lampung yang merupakan pintu gerbang pulau Sumatra. Menara siger adalah bangunan yang berbentuk Siger (Mahkota pengantin perempuan Lampung), yang letaknya di Bakauheni Lampung Selatan dan diresmikan oleh Gubernur Lampung Sjachroedin ZP pada tanggal 30 April 2008 lalu. Menara siger tampak bisa dilihat dari pelabuhan penyeberangan Bakauheni dan dari atas menara siger kita bisa melihat pemandangan indahnya selat sunda, pulau-pulau kecil dan hilir mudiknya kapal roro disekitar teluk Lampung.

Pulau Sebesi,

Pulau Sebesi terletak di desa Tejang kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. Dapat ditempuh menggunakan kapal motor reguler dari pelabuhan canti sekitar 1,5 jam. Luas pulau sebesi 1600 Ha, merupakan pulau terdekat dengan anak gunung krakatau. Dari pulau ini wisatawan dapat menuju anak gunung krakatau dengan kapal motor. Fasilitas yang ada di pulau sebesi adalah pesanggrahan atau cottage, sarana olah raga laut seperti fishing, diving, dan snorkling. Di pulau sebesi ini juga kita dapat melakukan berburu dan motorcross.

Anak Gunung Krakatau,

Mulai pada tahun 1927 atau kurang lebih 40 tahun setelah meletusnya gunung krakatau, muncul gunung api yang dikenal sebagai anak krakatau dari kawasan kaldera purba tersebut yang masih aktif dan tetap bertambah tinggi. Penyebab tingginya gunung itu disebabkan oleh material yang keluar dari perut gunung baru itu. Saat ini ketinggian anak krakatau mencapai sekitar 230 meter di atas permukaan laut, sementara gunung krakatau sebelumnya memiliki tinggi 813 meter dari permukaan laut. Anak Krakatau masih aktif yang setiap saat bisa mengeluarkan semburan uap, asap, dan pijaran api bila dilihat pada malam hari cukup memperlihatkan pemandangan yang spektakuler.

Way Kambas,

Diperkirakan ada sekitar 250 ekor gajah di Lampung berada di Way Kambas. Cagar alam ini letaknya berada di Kabupaten Lampung Timur, di Way Kambas kita juga dapat menemukan binatang liar lainnya seperti harimau sumatra, beruang, tapir dan hewan lain seperti rusa, babi hutan dan ada sekitar 286 jenis burung. Jika kita mengunjungi Way kambas, kita dapat melihat proses pelatihan gajah liar di pusat pelatihan gajah, sebuah atraksi gajah bermain sepak bola, gajah safari, dan gajah berenang.

Way Besai,

Letak sungai Way besai berada di Desa Sumber Jaya Lampung Barat. Indahnya panorama wisata bahari Way Besai yang dapat digunakan sebagai tempat memancing dan wisata arung jeram, sangat cocok buat dikunjungi oleh anda yang memiliki kecintaan dengan alam serta menikmati keindahan alam.

Air terjun Way Semaka,

Air Terjun Jeram Semaka terletak di Pekon Way Semaka kerap kabupaten yang berada pada jarak sekitar 25 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Tanggamus. Secara fisik, air terjun ini terdiri dari 3 tingkat di mana sumber mata air nya berasal dari TNBBS II, dimana pada saat lokasi tersebut masih sangat alami. Daya tarik wisata ini cukup potensial untuk dikembangkan karena selain memiliki daya tarik khusus seperti situasi yang sifatnya indah, dan hutan lebat.

Danau Ranau,

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatra. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatra Selatan. Sebagai tempat wisata yang menakjubkan, di danau ranau banyak sekali pemandangan yang indah. Tepat di tengahnya terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Disana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut, terdapat air terjun, dan penginapan.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan,

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) oleh UNESCO dijadikan sebagai hutan Warisan dunia yang fungsinya untuk melindungi hutan hujan tropis pulau Sumatra yang menjadi Taman Nasional sejak Tahun 1982, didalamnya terdapat ratusan spesies flora dan fauna tumbuh, kawasan hutan TNBBS luasnya adalah 57,154% dari luas Kabupaten Lampung Barat.

Museum Lampung,

Museum Lampung terletak di jalan Z.A. Pagar Alam, berdekatan dengan Kampus Universitas Lampung. Di museum Lampung telah dikumpulkan sebanyak 3.233 koleksi prasejarah mulai dari zaman Hindu, Budha, hingga Islam. Museum Lampung juga terdapat keramik lokal dan asing dari Cina. Di Museum ini juga dapat ditemukan patung dari periode Hindu-Buddha, alat-alat rumah tangga dari waktu kuno, pakaian tua, perahu tradisional kuno, pakaian perang dll. Bangunan Museum Lampung ini cukup besar, ada replika rumah adat Lampung yang dipasang di halaman luar museum. Bangunan ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama berisi foto-foto dan diorama perkembangan Propinsi Lampung dari waktu ke waktu termasuk foto dari para mantan gubernur sampai gubernur yang masih aktif menjabat di propinsi ini, selain itu ditemui berbagai arca peninggalan orang-orang kuno dan sisa-sisa kerajaan jaman dahulu kala yang ada di Lampung.

Wisata Pantai,

Ada banyak sekali pantai di Provinsi lampung yang memanjang di sepanjang Selatan Lampung maupun yang berada dipesisir barat provinsi Lampung, wisata pantai dipesisir selatan provinsi lampung antara lain seperti : Pantai Marina, Pasir putih, Pulau Pasir, pantai kelapa rapat (klara), pulau tangkil, pantai bagus, pantai Mutun, pantai Merak Belantung, Pantai Laguna, Kalianda Resort, Tanjung Selaki atau berkunjung melihat indahnya lumba-lumba yang bermunculan pada permukaan laut di Teluk kiluan, Tanggamus. Sedangkan untuk pesisir barat Lampung ada Pantai Tanjung Setia, Pantai Jukung dan pantai Krui di Lampung Barat. Pantai adalah salah satu obyek wisata di lampung. Pantai menjadi tujuan wisata domestik maupun mancanegara. Dipantai tersebut kita bisa berselancar, naik perahu, berlayar, memancing, bersepeda, berenang, snokling dan fotografi.

Demikianlah tempat-tempat wisata yang ada di Lampung, bagi anda yang berminat untuk mengisi liburan dan akhir pekan, silahkan untuk datang dan menikmati indahnya panorama alam di Provinsi Lampung. *Dari berbagai sumber*

Leave a Reply